Selasa, 10 Juni 2014

Makna dalam kitab Nitisruti

KITAB NITISRUTI


            Dhandhanggula
            Mamanising wasita kaesthi
Isi ajaran yang dituju
Nitisruti kang sinudarsana
 Nitisruti yang diteladani
Tinulad ing sapantese
diperhatikan dengan sepatutnya
Pinetan kang pakantuk
dipilih yang bermanfaat
Lan jamaking jaman samangkira
 dan relevan dengan jaman sekarang
Tujuning kamajengan
 menuju kemajuan
Asedya arjayu
 guna mencapai kesejahteraan
Yuwananing nuswa jawa
 dan keselamatan tanah jawa
Aywa kongsi kalantur-lantur kawuri
Kewraning pangawikan
            Nguni-nguni pra paramengkawi
 dulu, para ahli bahasa
Kawileting ring reh pangawikan
 terpikat pada soal pengetahuan
Kang mikani ing kajaten
 untuk menguasai kehidupan sejati
Temah katrem katungkul
 akhirnya asyik dalam kesibukannya
Kanikmaten kawruhing pati
mempelajari soal kematian
Dadya kadunyanira
 sehingga masalah keduniannya
Kawuri kalantur
terabaikan
Awit datan ginraita
 dalam perkembangannnya
Marma mangkya karsaning pra sarjanadi
para cerdik cendekia menghendaki
Binudi mring widagda
 agar ajaran tentang dunia juga diperhatikan
            Widada ing kadunyan supadi
dalam hidup, keselamatan dunia harus diupayakan
            Bangkit dadya ruhuring darajad
            guna meningkatkan derajad
Mrih kapraptan sakajate
mencapai upaya menyejahterakan diri serta meningkatkan derajad duniawi
Nanging aywa kalimput
 tidak boleh melupakan
Tilar taler tataning nguni tata
kehidupan yang sudah terbangun oleh para pendahulu
Nitisruti tinilas nitisruti
 membekas
Talesing sedyayu
 sebagai dasar agar berhasil mencapai maksud baik
Supadya tanceping cipta
 dan tujuan hidup
Aywa oncat careming carita Jawi
nitisruti juga mengajarkan agar kita tidak mengabaikan budaya Jawa
Mangkana kang wasita
 begitulah yang baik
Jatinira tyas kadya angganing
 sebenarnya hati nurani bagai tubuh
            Sinilem ing samodra dahana
 menyelam dalam lautan api
            Nging paksa tumimbul bae
 tapi tetap terapung
Satemah sinung pemut
 akhirnya memberikan sasmita
Nujweng ari Budhaka manis
 sebuah isyarat yang disampaikan pada hari Rabu Legi
Sura candra purnama
 pada bulan Sura tepat saat purnama kasidi
Ing warsaka: Wawu
 ditahun Wawu
Punang sangkala kaetang
 sang sangkala dihitung
Bahni maha astra candra duk manganggit
Bahni astra candra saat menyusun
Nitisruti pustaka
 Nitisruti disusun
            Ya marmanta apaka manggupit
 ya karena itulah terpaksa menyusun
Kadarpeng tyas mamardi mardawa
 terdorong hati untuk member ajaran halus
Mrih widada sawadine
agar selamat beserta rahasianya
Mung raharjeng rak ketung
 hanya memikirkan keselamatan dunia
Myang nititia neningali
menuntun dalam memperhatikan
Saulah bawaning lyan
 semua perbuatan orang lain
Nadyan tan pikantuk
 walaupun tidak mendapat
Wus tan rinasa ing driya
Awit saking kirang wiwekaning kapting
karena kurang perhitungan
Katenta paprenesan
 dan terlanjur berbuat yang menyesatkan
Ing reh pindha nurat kalam jari
dalam ajaran itu bagai menulis dengan jari
Nanging kedah ingalema wignya
 harus didasari dengan kepandaian
Marma pamintaba mangke
 karena permintaan
Mring sagung kang sedyayun
 kepada semua yang hendak mencipta
Manungkara wuryaning ruwi
 aturan pengetahuan
Wawarah ngayawa
memberi ajaran sesuka hati
Den aksameng kalbu
 hendaklah diresapkan dalam hati
Wit ning sarasaning gita
karena dalam inti ajaran itu
Pindha janma awuru saari-ari
bagaikan orang linglung sehari-hari
Nging paksa sung wasita
 namun tetap berkehendak member ajaran
            Wawadine kang warsita nguni
 tentang rahasia jaman dulu
            Mung met wara kang wus katriwal
hanya mengambil ajaran yang terlupakan
Rinuruh ing sakadare
 lalu diolah sekadarnya
Sing reh pra sujana nung
 diajarkan oleh para ahli
Myang sarjana ing nguni-uni
 beserta para sarjana winasis
Kang wus samya kasusra
 terdahulu sudah termashur
Sru pratameng kawruh mahir
 dalam ilmu pengetahuan
Wasis ulah kawaskithan
 pandai dalam mempelajari keilmuannya
Myang satata kertata sung wasitadi
dan siap memberikan ajaran
Wis dadya puruhita
sebagai perwujudan pengabdian
Nalaring star ingran Nitisruti
ajaran dalam Nitisruti
Lire iya jatining wiweka
 isinya mengenai hidup sejati
Iku pan dadi ambeke
 itulah yang menjadi watak
Para pandhita putus
 para sarjana winasis yang ahli
Tyasnya pindha candhana adi
hanya bagaikan cendana indah
Sandyan tinegora
 meskipun ditebang
Pinecela muhung
 dipotong-potong
Asung ganda marbuk ngambar
 hanya akan menyebarkan bau harum semerbak
Wit tyas wiyar resik lir akasa keksikarena
 hatinya luas bersih
Kesisan ima manda
 bagai  angkasa yang jernih tersapu awan semburat
            Gilutane anggelung pangawrin
 ajarannya dalam mendalami
Myang jroning tyas tan pegat tumedah
 dan dalam hati tak hentinya
Asung kadarman ring akeh
 memberikan derma kepada orang banyak
Saking sampun amungkur
 sudah berhasil menghindari
Sumingkiring ring reh tan yukti
segala kehendak yang tidak baik
Tyasnya sukci legawa
 hatinya suci bersih
Paramarta arum
 suka memberi sesami manusia
Berbudi bawa laksana
 baik budi pekerti
Myang dyatmika nirmala ngumala wening
 bijaksana suci bagaikan telaga yang bening
Yayah pasthika maya
 yang tentu tanpak mulia sekali
Rina wengi tarlen kang kaeksi
 dari perputaran siang malam yang diharapkan
Mung arjaning jagad pramudhita
 tak lain hanyalah keselamatan dunia raya
Gung sinidhikara ing reh
yang diagungkan dalam ajaran
Pinulata ginilut
dipelajari dan didalami
Legutanuya dimene
 dadi dipelajari setiap hari agar berhasi menjadi
Tuladhaning pra mudha
teladan anak muda
Cinandhi kang cundhuk
 dihayati sebagaimana mestinya
Candhake lan jaman mangkya
sesuai dengan jaman sekarang
Mangsa borong dennya met darsana sidi
ada kebebasan dalam mengambil teladan mulia
Kasidaning parasdya
untuk mencapai tujuan hidup
Surasanya kang pinurweng ruwi
maksud dari ajaran yang mula-mula
            Kang minangka lenggahing pandhita
mengenai kedudukan para Brahmana
Yen sampun leres rarase
 yang benar dan sesuai kedudukannya
Mulusa raosipun
polos rasanya
Jroning nala tanpa ling-aling
tanpa sesuatu yang menutupi

 Dening sampun waspada
Duninging panebut
Atanapi kang sinembah
Dadi gambuh ngambuh ing kaanan jati
Jati mulyeng kasidan
Rarasing kang mangkana sayekti
mengenai kebenaran yang demikian itu
Tan kabuki neng manahing janma
 sesungguhnya tak terbuka dalam hati manusia
Kang tanpa pangawikane
 yang tanpa pengetahuan
Muwah kang mudha punggung
 dan masih bodoh
Bodho bundhu datanpa budi
 bodoh tanpa budi
Marmanira kumedah
karena itu
Tyas kalaten atul
 haruslah hati ini ma uterus berusaha
Met tuladha puruhita
 mengambil teladan pengabdian
Maring para pandhita putusing jati
kepada para Brahmana yang sudah mahir
Jatining kanindhitan
 sebagai kemuliaan yang sejati
            Kartining tyas yen wus tekeng jati
 maksud hati yang sudah sampai pada kebenaran
            Pan wus sirna reregeding angga
yang sudah sirna kotornya diri
Ruwat sagung mamalane
 mencegah segala yang tidak baik
Kadi sarira ayu
 bagi tubuh yang cantik bersih
Kang mangkana yeka manawi
 bisa menjadi seperti itu bila
Trus prapteng jero jaba
 telah sampai luar dalam
Babarane jumbuh
terjadilah keselarasan
Ning wening tan kawoworan
bersih tak tercampuri apapun
Ing satemah pan wus keni den wastani
yang seperti ini telah memasuki
Syuh sirna manungsanya
 era sirnanya sifat manusia
Tatelane kang mangkono yekti
 artinya yang demikian itu
Wus tan ana Gusti lan kawula
 sudah tak ada Gusti dan HambaNya
Saking wus sirna rasane
karena sudah sirna rasanya
Dene ta kang tan weruh
sedangkan bagi yang tidak tahu pengetahuan
Ing pangawruh kang wus jinarwi
yang telah diuraikan
Tan kena cinarita
tak dapat diceritakan
Caraning tumuwuh
bagaimana cara hidupnya
Wis wus kebak mesi wisa
karena sudah penuh dengan racun
Mung durhaka kewala kang den raketi
hanya kedurhakaan yang dilakukan
Beda kang wus santoso
 latar belakang sebab
Saking antuk nugrahaning Widdhi
mendapat lindungan Tuhan
            Sabarang kang winicara samya
segala sesuatu yang diceritakan
Pan wus dadya labet kabeh
 semua berguna
Tumpraping wong ayu
sebagai pengabdian bagi kesejahteraan negara
Saking tansah rinakseng Widdhi
karena selalu mendapat lindunga Tuhan
Widada sasedyanya
 selamat segala
Salwiring reh dudu
yang dilakukannya
Dinohken ing Hyang Wisesa
 Tuhan menjauhkan dari hal-hal yang tidak baik
Babasane wong kang wus waskitheng westhi
Rinekseng Widdhi dhusta
            Lwan tyasira wus satuhu sukci
dan hatinya sudah sungguh suci
Lenggahira wus luwih santosa
kedudukannya  sudah lebih kuat
            Ingkang mangkana yektine
yang itu berarti
Wus dadya prabotipun
sudah menjadi bagian dari dirinya
Waspada ing jatining tunggil
mengetahui satu kebenaran
Tunggal Gusti kawula
Manungggaling Kawula Gusti
Sakarone jumbuh
keduanya selaras
Iya waspada punika
 saling memahami
Pan wus keni ingaran busening jati
Tetep mangka pirantya
Pirantine wong angulah ngelmi
alat untuk mencari ilmu
Kang kariyin temen tan kumedhap
pertama, harus bersungguh-sungguh tak gentar
Sarwa manis wicarane
 Serba baik tutur katanya baik budi bahasanya

Semu arereh arum
Lamun wus samekta
bila sudah begitu tentu dapat dikatakan sudah siap.
Jaba jero jumbuh
Luar dalam sudah selaras
Madu lawan manisira
 madu dan manisnya
Wus sarasa atunggal rasane jati
 telah terasa menyatu
Tan kena pinisaha
tak dapat dipisahkan lagi
            Kaping kalih ulahing dudugi
            Niniteni ulah kang tan yoga
            Winor lan ulah kayekten
Sira dipun sumurup
Sameptaning wasisteng westhi
Yen marta ngemu wisa
Sayekti tan arus
Lan yen guyu ngemu rahswa
Luhung lamun tan mawi wisa
Sayekti tan arus
Lan yen guyu ngemu rahswa
Luhung lamun tan mawi wisa upami
Ngarah lor kidul kena
Yen mangkana sayektine maksih     
Keni binuka lawan duduga
 pangudining nora angel
Kedua, dalam bertenggang rasa.
 Memperhatikam ulah yang kurang baik
dicampur dengan ulah kebenaran.
Ketahuilah olehmu, siap menghadapi
 mara bahaya bila hidup mengandung racun/bisa.
 Sungguh tidak pantas dan bila tertawa mengandung rahasia.
Lebih baik, misalnya racun
tapi menyindir orang lain.
 Bila demikian sesumngguhnya masih dapat dibuka
 dengan tenggang rasa. Caranya pun tidak sulit.

            dene ping tiganipun
            kang winastan ulah watawis
iku ulah timbangan
angon kang panuju
animbangi kang sambawa
lan sambada kang kapareng narawungi
tinengah ing watara

Ketiga, disebut ulah perkiraan.
 Yakni ulah timbang-menimbang
dengan memperhatikan tujuan.
Sebagai imbangan kemampuan
yang dimiliki yang dapat diterapkan
 dengan perkiraan tepat.

            ping sakawan traping pamrayogi
animbangi patraping watara
duga-duga prayogane
kalawan tibanipun
tumanduking karsanireki
kinira away ngantya
amasmu kasusu
ing lamapah ywa daya-daya
angantia lamun wus sarwa miranti
sareh ning amrayoga
            away tilar wuwulang ing nguni
            lan kang mangkya yogya katepungnya
pinet ing sapakantuke

Keempat, penerapan ajaran-ajaran.
 Sebagai imbangan penerapan perkiraan.
 Mempertimbangkan segi baiknya dan jatuhnya.
 Pelaksanaan kehendakmu itu
 dipertimbangkan secara matang.
 Jangan disertai ketergesa-gesaan.
Dalam pelaksanaan jangan terburu-buru.
 Tunggulah sampai semuanya siap.
 Pelan tenang tetapi tetap berhasil
. Jangan melupakan ajaran yang terdahulu
dan masa kini sebaiknya juga diketahui.
 Ambillah yang bermanfaat.

dene ping limanipun
kapurunan telung prakawis
dhingin sabaya pejah
ro mateni kayun
katelu anglugas raga
maksih ana lamun tinulasa sami
 nanging wosing kadiran
ringkesane mung tekading kapti
            kudu saguh gagah nora wegah
            sumanggem sabarang gawe
nadyan tekeng pakewuh
yen wus wani nora gumingsir
tempuhna gunung waja
myang samodra latu
yen wus wani away ulap
 ing wusana kaprawiranira dadi
ingendel wong sapraja

Kelima, kemauan tiga perkara:
 sanggup sehidup semati,
 mematikan keinginan
dan membersihkan diri.
 Itulah inti keluhuran.
Tekad dan niat harus sanggup
 dan tidak segan-segan
melakukan semua pekerjaan.
Meski menemui kesulitan
 bila sudah berani,
tidak akan goyah.
 Meski dihadapkan pada gunung
ataupun lautan api,
 bila sudah berani
 jangan bimbang.
Hingga akhirnya keberanianmu itu
 diakui orang diseluruh negara.

kaping nenem kang luwih sayogi
bisa nganan anuntagi basa
wruh sakehing basa kabeh
bangkit ambingkas nambung
lan manuksma ing agal alit
saulah bawaning rat
saosik kawengku
amiguna ing ngaguna
bangkit mamrih sihing janma sanagari
tansah mrih ajraning rat
talesing tyas asih ing sasami
myang den bisa mot ing kapinteran
ywa kaduk gumuna reke
den bisa angon semu
lamun kaduk gumuna yekti
kawruhe kalong-longan
kaelangan parlu
de kang mangka prananira
salwir kawruh tarlen saking sarwa bangkit
angrasuk sarasanya
dadya tajem semune tan keksi
            nora mantra-mantra kawistara
            ing pasmon mung masmu sumeh
            pasaning metya ruruh
ngarah-ngarah ring tyas mekani
lamun ana sujana
sangadi balilu
winulata den waspada
lang supadya away kawadakeng wadi
dadi datan cineda
                        marma lamun micareng pangawrih
            den abisa sasap ing wacana
            amamriha prayogane
            lan winatareng tanduk
            umindaking dugi prayogi
            winoran ringa-ringa
            pangarahing wuwus
            upama urubing damar
             maramene anggaremet mikenani
            jroning nala kapranan
wit putusing sujana linuwih
waskitheng tyas mawas kawasisan
tan kawistara semune
samun nanging mangimpun
animpuni kagunan sami
marma ywa kawistara
ing pamawasipun
den samar met moring rahsa
rarasing reh dena manis masmu aris
Manawa kawangunan
            Lan tekade wong kang wani mati
            Iku dadya makaning kasuran
            Lara wiring tan tinoleh
Ewa samono lamun
Ungas sanget amingis-mingis
Pinintonken sakala
Kalane kawuwus
Kawanteren umuk ombag
Iku bakal kinira wong kurang wani
Batal kuwanenira
Kang mangkana tanpa pamatawis
Wuwusira nora winaranan
Kasusu sukaning tyase
Katona wanteripun
Tan kuwana nayuting kapti
Anguja nepsu hawa
Nora awas emut
Labete tanpa warana
Mung kumudu mintonken yen sarwa wani
Iku nora prayoga
            Dena anteng lawandena manis
            Netya sumeh nanging away ulap
            Laraping wicara sareh
            Yen sira tuhu purun
            Away kongsi kasusu keksi
            Kuwanenen ing tingkah
            Lan away ombag umuk
            Pindha bantheng mambu obat
            Gambira goragadha
                        Ngaku dadi gegdhunging bumi
                        Sumbar-sumbar obrol kabrabeyan
                        Jubriya tekabur bae
                        Angkuhe kumalangkung
                        Ngaku kendel ngungkul-ungkuli
                        Ngungkuli wong sapraja
                        Iki nora mungguh
                        Ngadate wong kang mangkana
Mung samono kewala katoging budi
Prapteng don liron kamal

Keenam, yang lebih utama
 dapat menguasai berbagai bahasa.
Memahami semua bahasa.
 Mampu mengatasi perhubungan
serta mampu mengakrabi siapa saja.
 Segala polah tingkah masyarakat
semuanya dipahami.
Memanfaatkan kemampuannya
untuk mendapatkan simpati rakyat senegara,
 selalu memikirkan keselamatan dunia.
Hubungan baik sebagai dasar cinta kasih sesama.
 Hendaklah mampu menguasai kepandaian.
 Jangan lekas menjadi heran.
Pandai-pandailah menjaga perasaan.
 Bila terlalu mudah heran,
 ilmunya akan mudah berkurang.
 Kehilangan kemampuannya,
 karena bagi bersikap seperti itu,
 semua ilmu akan muncul dari kemauan
 dan merasuk ke dalam jiwa.
Jika heran terhadap sesuatu,
 jagalah jangan sampai tampak.
Ungkapkan hanya dengan sunggingan senyum.
 Pandangan mata tampak tenang
sesuai dengan rasa hati yang telah melihatnya.
Bila ada orang pandai yang berpura-pura bodoh.    
Perhatikan dengan waspada
jangan sampai terbuka rahasia
 sehingga  tidak mendapat cela.
Hidup menjadi mantap,
bila membicarakan ilmu.
Pandai-pandailah menyampaikannya
 agar jadi lebih baik
dengan pertimbangan dalam perbuatan
 segala yang dilakukan hendaklah berdasar kira-kira.
Dalam berkata-kata,
 umpama nyala lampu,
 kesana kemari tetap berguna
 dalam hati tetap akan menarik.
 Sebab orang pandai yang unggul
telah memiliki kemampuan
 melihat kemahiran orang.
 Tak terlihat pada raut mukanya
tampak sepi tapi menghimpun,
 menguasai segala kepandaian.
Maka dari itu jangan ketahuan
 dalam penglihatan orang lain.
Ditututpi dengan perpaduan rahasia
keselarasan tindakan baik.
 Dilakukan dengan tenang,
 bila sampai diketahui orang lain.
Pejuang sejati  dan tekadnya orang yang berani mati.
 Itulah yang menjadi dasar keberanian.
Sakit dan malu tak dihiraukan.
Ketika diucapkan dengan kesombongan.
Itu akan dikira orang yang kurang berani.
Batallah keberaniannya.
Hindari hal ini,
karena menunjukkan seorang yang tanpa pertimbangan.
Tutur katanya tidak dibatasi,
 terburu-buru menurut gejolak hati.
 Agar terlihat keberaniaannya,
 tak kuasa mengekang keinginan.
Memuaskan hawa nafsu yang diluar kesadaran.
Tindakannya tanpa perhitungan
 hanya terdorong mempertunjukkan keberanian.
Seyogyanya tenanglah
 dan berbicara manis.
 Pandangan mata tenang,
 tapi jangan lengah.
Keluarkan tutur kata dengan tenang
 jika engkau sungguh bersedia.
 Jangan tergesa hendak kelihatan berani
 dalam tingkah dan jangan sombong.
 Jangan seperti banteng mencium mesiu,
menggeramkan menakutkan,
 menerjang dengan penuh kesombongan.
Mengaku sebagai yang terhebat di dunia.
Bersumbar dengan kesombongan,
 congkak dan selalu takabur penuh kejumawaan.
 Mengaku sangat pemberani melebihi orang senegara.        
Itu tidak tepat.
 Biasanya orang seperti ini,
 yang dimiliki hanyalah sebatas berani
 tanpa pertimbangan.
Bahkan bukan tak mungkin,
 tujuannya berubah menjadi ketakutan.




            Ajaran didalamnya adalah mengenai hidup sejati. Itulah yang menjadi watak para sarjana winasis yang ahli. Hatinya bagaikan cendana indah meskipun ditebang, dipotong-potong pun hanya akan menyebarkan bau harum semerbak.
            Karena hatinya luas bersih bagai angkasa yang jernih tersapu awan semburat. Ajarannya dalam mendalami pengetahuan dan dalam hati tak hentinya member petunjuk.
            Memberikan derma kepada orang banyak karena sudah berhasil menghindari segala kehendak yang tak baik. Hatinya suci bersih, baik budi pekerti, suka member sesame manusia, dan bijaksana suci bagaikan telaga yang bening  yang tentu tampak mulia sekali.
            Dari perputaran siang malam, yang diharapkan tak lain hanyalah keselamatan dunia raya yang diagungkan dalam ajaran. Dipelajari dan didalami. Dipelajari setiapa hari agar berhasil menjadi teladan anak muda. Dihayati sebagaimana mestinya sesuai dengan jaman sekarang. Ada kebebasan dalam mengambil teladan mulai, untuk mencapai tujuan hidup.
            Maksud ajaran yang mula-mula mengenai kedudukan para Brahmana yang benar dan sesuai kedudukannya. Begitu rupa hatinya, polos tanpa sesuatu yang menutupi.
Mengenai kebenaran yang demikian itu, sesunggguhnya tak terbuka dalam hati manusia yang tanpa pengetahuan dan masih bodoh. Karena itu, haruslah hati ini ma uterus berusaha mengambil teladan pengabdian kepada para Brahmana yang sudah mahir, sebagai kemuliaan yang sejati.
Maksud hati yang sudah sampai pada kebenaran yang sudah sirna kotornya diri. Mencegah segala yang tidak baik bagi tubuh yang cantik bersih. Bisa menjadi seperti itu bila telah sampai luar dalam.
Terjadilah keselarasan. Bersih tak tercampuri apapun. Yang seperti ini telah memasuki era sirnanya sifat manusia. Artinya yang demikian itu sudah tidak ada Gusti dan hambaNya.
Karena sudah sirna rasanya, sedangkan bagi yang tidak tahu pengetahuan yang telah diuraikan tak dapat diceritakan. Bagaimana cara hidupnya, karena sudah penuh dengan bisa / racun. Hanya kedurhakaan yang dilakukan.
Latar belakang sebab mendapat lindungan Tuhan. Segala sesuatu yang diceritakan, semua berguna sebagai pengabdian bagi kesejahteraan negara. Karena selalu mendapat lindungan Tuhan. Selamat segala yang dilakukannya. Tuhan menjauhkan dari hal-hal yang tidak baik.
Dan hatinya sudah sungguh suci. Kedudukannya sudag lebih kuat dan permanent. Sudah menjadi bagian dari dirinya, mengetahui satu kebenaran. Manunggaling Kawula Gusti. Keduannya selaras, juga saling memahami.
Alat untuk mencari ilmu, Pertama, harus bersungguh-sungguh tak gentar. Serba baik tutur katanya baik budi bahasanya bila sudah begitu tentu dapat dikatakan sudah siap.
Luar dalam sudah selaras madu dan manisnya, telah terasa menyatu tak dapat dipisahkan lagi.
Kedua, dalam bertenggang rasa. Memperhatikam ulah yang kurang baik dicampur dengan ulah kebenaran.
Ketahuilah olehmu, siap menghadapi mara bahaya bila hidup mengandung racun/bisa. Sungguh tidak pantas dan bila tertawa mengandung rahasia.
Lebih baik, misalnya racun tapi menyindir orang lain. Bila demikian sesumngguhnya masih dapat dibuka dengan tenggang rasa. Caranya pun tidak sulit.
Ketiga, disebut ulah perkiraan. Yakni ulah timbang-menimbang dengan memperhatikan tujuan. Sebagai imbangan kemampuan yang dimiliki yang dapat diterapkan dengan perkiraan tepat.
Keempat, penerapan ajaran-ajaran. Sebagai imbangan penerapan perkiraan. Mempertimbangkan segi baiknya dan jatuhnya. Pelaksanaan kehendakmu itu dipertimbangkan secara matang. Jangan disertai ketergesa-gesaan.
Dalam pelaksanaan jabgan terburu-buru. Tunggulah sampai semuanya siap. Pelan tenang tetapi tetap berhasil. Jangan melupakan ajaran yang terdahulu dan masa kini sebaiknya juga diketahui. Ambillah yang bermanfaat.
Kelima, kemauan tiga perkara: sanggup sehidup semati, mematikan keinginan dan membersihkan diri. Itulah inti keluhuran.
Tekad dan niat harus sanggup dan tidak segan-segan melakukan semua pekerjaan. Meski menemui kesulitan bila sudah berani, tidak akan goyah. Meski dihadapkan pada gunung ataupun lautan api, bila sudah berani jangan bimbang. Hingga akhirnya keberanianmu itu diakui orang diseluruh negara.
Keenam, yang lebih utama dapat menguasai berbagai bahasa.
Memahami semua bahasa. Mampu mengatasi perhubungan serta mampu mengakrabi siapa saja. Segala polah tingkah masyarakat semuanya dipahami. Memanfaatkan kemampuannya untuk mendapatkan simpati rakyat senegara, selalu memikirkan keselamatan dunia.
Hubungan baik sebagai dasar cinta kasih sesama. Hendaklah mampu menguasai kepandaian. Jangan lekas menjadi heran. Pandai-pandailah menjaga perasaan. Bila terlalu mudah heran, ilmunya akan mudah berkurang. Kehilangan kemampuannya, karena bagi bersikap seperti itu, semua ilmu akan muncul dari kemauan dan merasuk ke dalam jiwa.
Jika heran terhadap sesuatu, jagalah janan sampai tampak. Ungkapkan hanya dengan sunggingan senyum. Pandangan mata tampak tenang sesuai dengan rasa hati yang telah melihatnya.
Bila ada orang pandai yang berpura-pura bodoh. Perehatikan dengan waspada jangan sampai terbuka rahasia sehingga  tidak mendapat cela.
Hidup menjadi mantap, bila membicarakan ilmu. Pandai-pandailah menyampaikannya agar jadi lebih baik dengan pertimbangan dalam perbuatan segala yang dilakukan hendaklah berdasar kira-kira.
Dalam berkata-kata, umpama nyala lampu, kesana kemari tetap berguna dalam hati tetap akan menarik. Sebab orang pandai yang unggul telah memiliki kemampuan melihat kemahiran orang. Tak terlihat pada raut mukanya tampak sepi tapi menghimpun, menguasai segala kepandaian.
Maka dari itu jangan ketahuan dalam penglihatan orang lain. Ditututpi dengan perpaduan rahasia keselarasan tindakan baik. Dilakukan dengan tenang, bila sampai diketahui orang lain.
Pejuang sejati  dan tekadnya orang yang berani mati. Itulah yang menjadi dasar keberanian. Sakit dan malu tak dihiraukan.
Ketika diucapkan dengan kesombongan. Itu akan dikira orang yang kurang berani. Batallah keberaniannya. Hindari hal ini, karena menunjukkan seorang yang tanpa pertimbangan.
Tutur katanya tidak dibatasi, terburu-buru menurut gejolak hati. Agar terlihat keberaniaannya, tak kuasa mengekang keinginan. Memuaskan hawa nafsu yang diluar kesadaran.
Tindakannya tanpa perhitungan hanya terdorong mempertunjukkan keberanian.
Seyogyanya tenanglah dan berbicara manis. Pandangan mata tenang, tapi jangan lengah. Keluarkan tutur kata dengan tenang jika engkau sungguh bersedia. Jangan tergesa hendak kelihatan berani dalam tingkah dan jangan sombong. Jangan seperti banteng mencium mesiu, menggeramkan menakutkan, menerjang dengan penuh kesombongan.
Mengaku sebagai yang terhebat di dunia. Bersumbar dengan kesombongan, congkak dan selalu takabur penuh kejumawaan. Mengaku sangat pemberani melebihi orang senegara.
Itu tidak tepat. Biasanya orang seperti ini, yang dimiliki hanyalah sebatas berani tanpa pertimbangan. Bahkan bukan tak mungkin, tujuannya berubah menjadi ketakutan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar