KITAB NITISRUTI
Dhandhanggula
Mamanising wasita
kaesthi
Isi ajaran yang dituju
Nitisruti kang sinudarsana
Nitisruti yang diteladani
Tinulad ing sapantese
diperhatikan dengan sepatutnya
Pinetan kang pakantuk
dipilih yang bermanfaat
Lan jamaking jaman samangkira
dan relevan dengan jaman sekarang
Tujuning kamajengan
menuju kemajuan
Asedya arjayu
guna mencapai kesejahteraan
Yuwananing nuswa jawa
dan keselamatan tanah jawa
Aywa kongsi kalantur-lantur kawuri
Kewraning pangawikan
Nguni-nguni pra paramengkawi
dulu, para ahli bahasa
Kawileting ring reh
pangawikan
terpikat pada soal pengetahuan
Kang mikani ing kajaten
untuk menguasai kehidupan sejati
Temah katrem katungkul
akhirnya asyik dalam kesibukannya
Kanikmaten kawruhing pati
mempelajari soal kematian
Dadya kadunyanira
sehingga masalah keduniannya
Kawuri kalantur
terabaikan
Awit datan ginraita
dalam perkembangannnya
Marma mangkya karsaning pra
sarjanadi
para cerdik cendekia menghendaki
Binudi mring widagda
agar ajaran tentang dunia juga
diperhatikan
Widada ing
kadunyan supadi
dalam hidup, keselamatan dunia harus diupayakan
Bangkit dadya
ruhuring darajad
guna
meningkatkan derajad
Mrih kapraptan sakajate
mencapai upaya menyejahterakan diri serta meningkatkan derajad duniawi
Nanging aywa kalimput
tidak boleh melupakan
Tilar taler tataning nguni tata
kehidupan yang sudah terbangun oleh para pendahulu
Nitisruti tinilas nitisruti
membekas
Talesing sedyayu
sebagai dasar agar berhasil
mencapai maksud baik
Supadya tanceping cipta
dan tujuan hidup
Aywa oncat careming carita Jawi
nitisruti juga mengajarkan agar kita tidak mengabaikan budaya Jawa
Mangkana kang wasita
begitulah yang baik
Jatinira tyas kadya
angganing
sebenarnya hati nurani bagai
tubuh
Sinilem ing samodra dahana
menyelam dalam lautan api
Nging paksa tumimbul bae
tapi tetap terapung
Satemah sinung pemut
akhirnya memberikan sasmita
Nujweng ari Budhaka manis
sebuah isyarat yang disampaikan
pada hari Rabu Legi
Sura candra purnama
pada bulan Sura tepat saat
purnama kasidi
Ing warsaka: Wawu
ditahun Wawu
Punang sangkala kaetang
sang sangkala dihitung
Bahni maha astra candra duk
manganggit
Bahni astra candra saat menyusun
Nitisruti pustaka
Nitisruti disusun
Ya marmanta apaka
manggupit
ya karena itulah terpaksa menyusun
Kadarpeng tyas mamardi mardawa
terdorong hati untuk member
ajaran halus
Mrih widada sawadine
agar selamat beserta rahasianya
Mung raharjeng rak ketung
hanya memikirkan keselamatan
dunia
Myang nititia neningali
menuntun dalam memperhatikan
Saulah bawaning lyan
semua perbuatan orang lain
Nadyan tan pikantuk
walaupun tidak mendapat
Wus tan rinasa ing driya
Awit saking kirang wiwekaning kapting
karena kurang perhitungan
Katenta paprenesan
dan terlanjur berbuat yang
menyesatkan
Ing reh pindha nurat kalam
jari
dalam ajaran itu bagai menulis dengan jari
Nanging kedah ingalema
wignya
harus didasari dengan kepandaian
Marma pamintaba mangke
karena permintaan
Mring sagung kang sedyayun
kepada semua yang hendak mencipta
Manungkara wuryaning ruwi
aturan pengetahuan
Wawarah ngayawa
memberi ajaran sesuka hati
Den aksameng kalbu
hendaklah diresapkan dalam hati
Wit ning sarasaning gita
karena dalam inti ajaran itu
Pindha janma awuru saari-ari
bagaikan orang linglung sehari-hari
Nging paksa sung wasita
namun tetap berkehendak member
ajaran
Wawadine kang warsita
nguni
tentang rahasia jaman dulu
Mung met wara kang wus
katriwal
hanya mengambil ajaran yang terlupakan
Rinuruh ing sakadare
lalu diolah sekadarnya
Sing reh pra sujana nung
diajarkan oleh para ahli
Myang sarjana ing nguni-uni
beserta para sarjana winasis
Kang wus samya kasusra
terdahulu sudah termashur
Sru pratameng kawruh mahir
dalam ilmu pengetahuan
Wasis ulah kawaskithan
pandai dalam mempelajari
keilmuannya
Myang satata kertata sung wasitadi
dan siap memberikan ajaran
Wis dadya puruhita
sebagai perwujudan pengabdian
Nalaring star ingran
Nitisruti
ajaran dalam Nitisruti
Lire iya jatining wiweka
isinya mengenai hidup sejati
Iku pan dadi ambeke
itulah yang menjadi watak
Para pandhita putus
para sarjana winasis yang ahli
Tyasnya pindha candhana adi
hanya bagaikan cendana indah
Sandyan tinegora
meskipun ditebang
Pinecela muhung
dipotong-potong
Asung ganda marbuk ngambar
hanya akan menyebarkan bau harum
semerbak
Wit tyas wiyar resik lir
akasa keksikarena
hatinya luas bersih
Kesisan ima manda
bagai angkasa yang jernih tersapu awan semburat
Gilutane anggelung
pangawrin
ajarannya dalam mendalami
Myang jroning tyas tan pegat tumedah
dan dalam hati tak hentinya
Asung kadarman ring akeh
memberikan derma kepada orang
banyak
Saking sampun amungkur
sudah berhasil menghindari
Sumingkiring ring reh tan yukti
segala kehendak yang tidak baik
Tyasnya sukci legawa
hatinya suci bersih
Paramarta arum
suka memberi sesami manusia
Berbudi bawa laksana
baik budi pekerti
Myang dyatmika nirmala ngumala wening
bijaksana suci bagaikan telaga
yang bening
Yayah pasthika maya
yang tentu tanpak mulia
sekali
Rina wengi tarlen kang
kaeksi
dari perputaran siang malam yang
diharapkan
Mung arjaning jagad
pramudhita
tak lain hanyalah keselamatan
dunia raya
Gung sinidhikara ing reh
yang diagungkan dalam ajaran
Pinulata ginilut
dipelajari dan didalami
Legutanuya dimene
dadi dipelajari setiap hari agar
berhasi menjadi
Tuladhaning pra mudha
teladan anak muda
Cinandhi kang cundhuk
dihayati sebagaimana mestinya
Candhake lan jaman mangkya
sesuai dengan jaman sekarang
Mangsa borong dennya met
darsana sidi
ada kebebasan dalam mengambil teladan mulia
Kasidaning parasdya
untuk mencapai tujuan hidup
Surasanya kang pinurweng ruwi
maksud dari ajaran yang mula-mula
Kang minangka
lenggahing pandhita
mengenai kedudukan para Brahmana
Yen sampun leres rarase
yang benar dan sesuai
kedudukannya
Mulusa raosipun
polos rasanya
Jroning nala tanpa ling-aling
tanpa sesuatu yang menutupi
Dening sampun
waspada
Duninging panebut
Atanapi kang sinembah
Dadi gambuh ngambuh ing kaanan jati
Jati mulyeng kasidan
Rarasing kang mangkana
sayekti
mengenai kebenaran yang demikian itu
Tan kabuki neng manahing
janma
sesungguhnya tak terbuka dalam
hati manusia
Kang tanpa pangawikane
yang tanpa pengetahuan
Muwah kang mudha punggung
dan masih bodoh
Bodho bundhu datanpa budi
bodoh tanpa budi
Marmanira kumedah
karena itu
Tyas kalaten atul
haruslah hati ini ma uterus
berusaha
Met tuladha puruhita
mengambil teladan pengabdian
Maring para pandhita
putusing jati
kepada para Brahmana yang sudah mahir
Jatining kanindhitan
sebagai kemuliaan yang sejati
Kartining tyas yen
wus tekeng jati
maksud hati yang sudah sampai
pada kebenaran
Pan wus sirna
reregeding angga
yang sudah sirna kotornya diri
Ruwat sagung mamalane
mencegah segala yang tidak baik
Kadi sarira ayu
bagi tubuh yang cantik bersih
Kang mangkana yeka manawi
bisa menjadi seperti itu bila
Trus prapteng jero jaba
telah sampai luar dalam
Babarane jumbuh
terjadilah keselarasan
Ning wening tan kawoworan
bersih tak tercampuri apapun
Ing satemah pan wus keni den wastani
yang seperti ini telah memasuki
Syuh sirna manungsanya
era sirnanya sifat manusia
Tatelane kang mangkono yekti
artinya yang demikian itu
Wus tan ana Gusti lan kawula
sudah tak ada Gusti dan HambaNya
Saking wus sirna rasane
karena sudah sirna rasanya
Dene ta kang tan weruh
sedangkan bagi yang tidak tahu pengetahuan
Ing pangawruh kang wus
jinarwi
yang telah diuraikan
Tan kena cinarita
tak dapat diceritakan
Caraning tumuwuh
bagaimana cara hidupnya
Wis wus kebak mesi wisa
karena sudah penuh dengan racun
Mung durhaka kewala kang den
raketi
hanya kedurhakaan yang dilakukan
Beda kang wus santoso
latar belakang sebab
Saking antuk nugrahaning
Widdhi
mendapat lindungan Tuhan
Sabarang kang
winicara samya
segala sesuatu yang diceritakan
Pan wus dadya labet kabeh
semua berguna
Tumpraping wong ayu
sebagai pengabdian bagi kesejahteraan negara
Saking tansah rinakseng Widdhi
karena selalu mendapat lindunga Tuhan
Widada sasedyanya
selamat segala
Salwiring reh dudu
yang dilakukannya
Dinohken ing Hyang Wisesa
Tuhan menjauhkan dari hal-hal
yang tidak baik
Babasane wong kang wus waskitheng westhi
Rinekseng Widdhi dhusta
Lwan tyasira wus satuhu sukci
dan hatinya sudah sungguh suci
Lenggahira wus luwih santosa
kedudukannya sudah lebih kuat
Ingkang mangkana yektine
yang itu berarti
Wus dadya prabotipun
sudah menjadi bagian dari dirinya
Waspada ing jatining tunggil
mengetahui satu kebenaran
Tunggal Gusti kawula
Manungggaling Kawula Gusti
Sakarone jumbuh
keduanya selaras
Iya waspada punika
saling memahami
Pan wus keni ingaran
busening jati
Tetep mangka pirantya
Pirantine wong angulah ngelmi
alat untuk mencari ilmu
Kang kariyin temen tan kumedhap
pertama, harus bersungguh-sungguh tak gentar
Sarwa manis wicarane
Serba baik tutur katanya baik
budi bahasanya
Semu arereh arum
Lamun wus samekta
bila sudah begitu tentu dapat dikatakan sudah siap.
Jaba jero jumbuh
Luar dalam sudah selaras
Madu lawan manisira
madu dan manisnya
Wus sarasa atunggal rasane jati
telah terasa menyatu
Tan kena pinisaha
tak dapat dipisahkan lagi
Kaping kalih ulahing dudugi
Niniteni ulah kang tan yoga
Winor lan ulah kayekten
Sira dipun sumurup
Sameptaning wasisteng westhi
Yen marta ngemu wisa
Sayekti tan arus
Lan yen guyu ngemu rahswa
Luhung lamun tan mawi wisa
Sayekti tan arus
Lan yen guyu ngemu rahswa
Luhung lamun tan mawi wisa
upami
Ngarah lor kidul kena
Yen mangkana sayektine maksih
Keni binuka lawan duduga
pangudining
nora angel
Kedua, dalam bertenggang rasa.
Memperhatikam ulah yang kurang baik
dicampur dengan ulah
kebenaran.
Ketahuilah olehmu, siap
menghadapi
mara bahaya bila hidup mengandung racun/bisa.
Sungguh tidak pantas dan bila tertawa
mengandung rahasia.
Lebih baik, misalnya racun
tapi menyindir orang lain.
Bila demikian sesumngguhnya masih dapat dibuka
dengan tenggang rasa. Caranya pun tidak sulit.
dene ping
tiganipun
kang winastan ulah
watawis
iku ulah timbangan
angon kang panuju
animbangi kang sambawa
lan sambada kang kapareng narawungi
tinengah ing watara
Ketiga, disebut ulah perkiraan.
Yakni ulah timbang-menimbang
dengan memperhatikan tujuan.
Sebagai imbangan kemampuan
yang dimiliki yang dapat
diterapkan
dengan perkiraan tepat.
ping sakawan traping pamrayogi
animbangi patraping watara
duga-duga prayogane
kalawan tibanipun
tumanduking karsanireki
kinira away ngantya
amasmu kasusu
ing lamapah ywa daya-daya
angantia lamun wus sarwa
miranti
sareh ning amrayoga
away tilar wuwulang ing
nguni
lan kang mangkya yogya
katepungnya
pinet ing sapakantuke
Keempat, penerapan ajaran-ajaran.
Sebagai imbangan penerapan perkiraan.
Mempertimbangkan segi baiknya dan jatuhnya.
Pelaksanaan kehendakmu itu
dipertimbangkan secara matang.
Jangan disertai ketergesa-gesaan.
Dalam pelaksanaan jangan
terburu-buru.
Tunggulah sampai semuanya siap.
Pelan tenang tetapi tetap berhasil
. Jangan melupakan ajaran
yang terdahulu
dan masa kini sebaiknya juga
diketahui.
Ambillah yang bermanfaat.
dene ping limanipun
kapurunan telung prakawis
dhingin sabaya pejah
ro mateni kayun
katelu anglugas raga
maksih ana lamun tinulasa sami
nanging wosing
kadiran
ringkesane mung tekading
kapti
kudu
saguh gagah nora wegah
sumanggem
sabarang gawe
nadyan tekeng pakewuh
yen wus wani nora gumingsir
tempuhna gunung waja
myang samodra latu
yen wus wani away ulap
ing wusana kaprawiranira dadi
ingendel wong sapraja
Kelima, kemauan tiga perkara:
sanggup sehidup semati,
mematikan keinginan
dan membersihkan diri.
Itulah inti keluhuran.
Tekad dan niat harus sanggup
dan tidak segan-segan
melakukan semua pekerjaan.
Meski menemui kesulitan
bila sudah berani,
tidak akan goyah.
Meski dihadapkan pada gunung
ataupun lautan api,
bila sudah berani
jangan bimbang.
Hingga akhirnya keberanianmu
itu
diakui orang diseluruh negara.
kaping nenem kang luwih sayogi
bisa nganan anuntagi basa
wruh sakehing basa kabeh
bangkit ambingkas nambung
lan manuksma ing agal alit
saulah bawaning rat
saosik kawengku
amiguna ing ngaguna
bangkit mamrih sihing janma sanagari
tansah mrih ajraning rat
talesing tyas asih ing
sasami
myang den bisa mot ing
kapinteran
ywa kaduk gumuna reke
den bisa angon semu
lamun kaduk gumuna yekti
kawruhe kalong-longan
kaelangan parlu
de kang mangka prananira
salwir kawruh tarlen saking
sarwa bangkit
angrasuk sarasanya
dadya tajem semune tan keksi
nora mantra-mantra
kawistara
ing pasmon mung masmu
sumeh
pasaning metya ruruh
ngarah-ngarah ring tyas mekani
lamun ana sujana
sangadi balilu
winulata den waspada
lang supadya away kawadakeng wadi
dadi datan cineda
marma lamun
micareng pangawrih
den
abisa sasap ing wacana
amamriha
prayogane
lan
winatareng tanduk
umindaking
dugi prayogi
winoran
ringa-ringa
pangarahing
wuwus
upama
urubing damar
maramene anggaremet mikenani
jroning
nala kapranan
wit putusing sujana linuwih
waskitheng tyas mawas kawasisan
tan kawistara semune
samun nanging mangimpun
animpuni kagunan sami
marma ywa kawistara
ing pamawasipun
den samar met moring rahsa
rarasing reh dena manis masmu aris
Manawa kawangunan
Lan
tekade wong kang wani mati
Iku
dadya makaning kasuran
Lara
wiring tan tinoleh
Ewa samono lamun
Ungas sanget amingis-mingis
Pinintonken sakala
Kalane kawuwus
Kawanteren umuk ombag
Iku bakal kinira wong kurang
wani
Batal kuwanenira
Kang mangkana tanpa
pamatawis
Wuwusira nora winaranan
Kasusu sukaning tyase
Katona wanteripun
Tan kuwana nayuting kapti
Anguja nepsu hawa
Nora awas emut
Labete tanpa warana
Mung kumudu mintonken yen
sarwa wani
Iku nora prayoga
Dena anteng lawandena
manis
Netya sumeh nanging
away ulap
Laraping wicara sareh
Yen sira tuhu purun
Away kongsi kasusu
keksi
Kuwanenen ing tingkah
Lan away ombag umuk
Pindha bantheng mambu
obat
Gambira goragadha
Ngaku dadi
gegdhunging bumi
Sumbar-sumbar
obrol kabrabeyan
Jubriya
tekabur bae
Angkuhe
kumalangkung
Ngaku
kendel ngungkul-ungkuli
Ngungkuli
wong sapraja
Iki nora
mungguh
Ngadate
wong kang mangkana
Mung samono kewala katoging
budi
Prapteng don liron kamal
Keenam, yang lebih utama
dapat menguasai berbagai bahasa.
Memahami semua bahasa.
Mampu mengatasi perhubungan
serta mampu mengakrabi siapa
saja.
Segala polah tingkah masyarakat
semuanya dipahami.
Memanfaatkan kemampuannya
untuk mendapatkan simpati
rakyat senegara,
selalu memikirkan keselamatan dunia.
Hubungan baik sebagai dasar
cinta kasih sesama.
Hendaklah mampu menguasai kepandaian.
Jangan lekas menjadi heran.
Pandai-pandailah menjaga
perasaan.
Bila terlalu mudah heran,
ilmunya akan mudah berkurang.
Kehilangan kemampuannya,
karena bagi bersikap seperti itu,
semua ilmu akan muncul dari kemauan
dan merasuk ke dalam jiwa.
Jika heran terhadap sesuatu,
jagalah jangan sampai tampak.
Ungkapkan hanya dengan
sunggingan senyum.
Pandangan mata tampak tenang
sesuai dengan rasa hati yang
telah melihatnya.
Bila ada orang pandai yang
berpura-pura bodoh.
Perhatikan dengan waspada
jangan sampai terbuka
rahasia
sehingga
tidak mendapat cela.
Hidup menjadi mantap,
bila membicarakan ilmu.
Pandai-pandailah
menyampaikannya
agar jadi lebih baik
dengan pertimbangan dalam
perbuatan
segala yang dilakukan hendaklah berdasar
kira-kira.
Dalam berkata-kata,
umpama nyala lampu,
kesana kemari tetap berguna
dalam hati tetap akan menarik.
Sebab orang pandai yang unggul
telah memiliki kemampuan
melihat kemahiran orang.
Tak terlihat pada raut mukanya
tampak sepi tapi menghimpun,
menguasai segala kepandaian.
Maka dari itu jangan
ketahuan
dalam penglihatan orang lain.
Ditututpi dengan perpaduan
rahasia
keselarasan tindakan baik.
Dilakukan dengan tenang,
bila sampai diketahui orang lain.
Pejuang sejati dan tekadnya orang yang berani mati.
Itulah yang menjadi dasar keberanian.
Sakit dan malu tak
dihiraukan.
Ketika diucapkan dengan
kesombongan.
Itu akan dikira orang yang
kurang berani.
Batallah keberaniannya.
Hindari hal ini,
karena menunjukkan seorang
yang tanpa pertimbangan.
Tutur katanya tidak
dibatasi,
terburu-buru menurut gejolak hati.
Agar terlihat keberaniaannya,
tak kuasa mengekang keinginan.
Memuaskan hawa nafsu yang
diluar kesadaran.
Tindakannya tanpa
perhitungan
hanya terdorong mempertunjukkan keberanian.
Seyogyanya tenanglah
dan berbicara manis.
Pandangan mata tenang,
tapi jangan lengah.
Keluarkan tutur kata dengan
tenang
jika engkau sungguh bersedia.
Jangan tergesa hendak kelihatan berani
dalam tingkah dan jangan sombong.
Jangan seperti banteng mencium mesiu,
menggeramkan menakutkan,
menerjang dengan penuh kesombongan.
Mengaku sebagai yang
terhebat di dunia.
Bersumbar dengan
kesombongan,
congkak dan selalu takabur penuh kejumawaan.
Mengaku sangat pemberani melebihi orang
senegara.
Itu tidak tepat.
Biasanya orang seperti ini,
yang dimiliki hanyalah sebatas berani
tanpa pertimbangan.
Bahkan bukan tak mungkin,
tujuannya berubah menjadi ketakutan.
Ajaran didalamnya adalah mengenai hidup sejati. Itulah yang menjadi
watak para sarjana winasis yang ahli. Hatinya bagaikan cendana indah meskipun
ditebang, dipotong-potong pun hanya akan menyebarkan bau harum semerbak.
Karena hatinya luas bersih bagai
angkasa yang jernih tersapu awan semburat. Ajarannya dalam mendalami
pengetahuan dan dalam hati tak hentinya member petunjuk.
Memberikan derma kepada orang banyak
karena sudah berhasil menghindari segala kehendak yang tak baik. Hatinya suci
bersih, baik budi pekerti, suka member sesame manusia, dan bijaksana suci
bagaikan telaga yang bening yang tentu
tampak mulia sekali.
Dari perputaran siang malam, yang
diharapkan tak lain hanyalah keselamatan dunia raya yang diagungkan dalam
ajaran. Dipelajari dan didalami. Dipelajari setiapa hari agar berhasil menjadi
teladan anak muda. Dihayati sebagaimana mestinya sesuai dengan jaman sekarang.
Ada kebebasan dalam mengambil teladan mulai, untuk mencapai tujuan hidup.
Maksud ajaran yang mula-mula
mengenai kedudukan para Brahmana yang benar dan sesuai kedudukannya. Begitu
rupa hatinya, polos tanpa sesuatu yang menutupi.
Mengenai kebenaran yang demikian itu, sesunggguhnya tak terbuka dalam
hati manusia yang tanpa pengetahuan dan masih bodoh. Karena itu, haruslah hati
ini ma uterus berusaha mengambil teladan pengabdian kepada para Brahmana yang
sudah mahir, sebagai kemuliaan yang sejati.
Maksud hati yang sudah sampai pada kebenaran yang sudah sirna kotornya
diri. Mencegah segala yang tidak baik bagi tubuh yang cantik bersih. Bisa
menjadi seperti itu bila telah sampai luar dalam.
Terjadilah keselarasan. Bersih tak tercampuri apapun. Yang seperti ini
telah memasuki era sirnanya sifat manusia. Artinya yang demikian itu sudah
tidak ada Gusti dan hambaNya.
Karena sudah sirna rasanya, sedangkan bagi yang tidak tahu pengetahuan
yang telah diuraikan tak dapat diceritakan. Bagaimana cara hidupnya, karena
sudah penuh dengan bisa / racun. Hanya kedurhakaan yang dilakukan.
Latar belakang sebab mendapat lindungan Tuhan. Segala sesuatu yang
diceritakan, semua berguna sebagai pengabdian bagi kesejahteraan negara. Karena
selalu mendapat lindungan Tuhan. Selamat segala yang dilakukannya. Tuhan
menjauhkan dari hal-hal yang tidak baik.
Dan hatinya sudah sungguh suci. Kedudukannya sudag lebih kuat dan
permanent. Sudah menjadi bagian dari dirinya, mengetahui satu kebenaran. Manunggaling Kawula Gusti. Keduannya
selaras, juga saling memahami.
Alat untuk mencari ilmu, Pertama,
harus bersungguh-sungguh tak gentar. Serba baik tutur katanya baik budi
bahasanya bila sudah begitu tentu dapat dikatakan sudah siap.
Luar dalam sudah selaras madu dan manisnya, telah terasa menyatu tak
dapat dipisahkan lagi.
Kedua, dalam bertenggang rasa. Memperhatikam ulah yang kurang baik dicampur
dengan ulah kebenaran.
Ketahuilah olehmu, siap menghadapi mara bahaya bila hidup mengandung
racun/bisa. Sungguh tidak pantas dan bila tertawa mengandung rahasia.
Lebih baik, misalnya racun tapi menyindir orang lain. Bila demikian
sesumngguhnya masih dapat dibuka dengan tenggang rasa. Caranya pun tidak sulit.
Ketiga, disebut ulah perkiraan. Yakni ulah timbang-menimbang dengan memperhatikan
tujuan. Sebagai imbangan kemampuan yang dimiliki yang dapat diterapkan dengan
perkiraan tepat.
Keempat, penerapan ajaran-ajaran. Sebagai imbangan penerapan perkiraan.
Mempertimbangkan segi baiknya dan jatuhnya. Pelaksanaan kehendakmu itu dipertimbangkan
secara matang. Jangan disertai ketergesa-gesaan.
Dalam pelaksanaan jabgan terburu-buru. Tunggulah sampai semuanya siap.
Pelan tenang tetapi tetap berhasil. Jangan melupakan ajaran yang terdahulu dan
masa kini sebaiknya juga diketahui. Ambillah yang bermanfaat.
Kelima, kemauan tiga perkara: sanggup sehidup semati, mematikan keinginan dan
membersihkan diri. Itulah inti keluhuran.
Tekad dan niat harus sanggup dan tidak segan-segan melakukan semua
pekerjaan. Meski menemui kesulitan bila sudah berani, tidak akan goyah. Meski
dihadapkan pada gunung ataupun lautan api, bila sudah berani jangan bimbang.
Hingga akhirnya keberanianmu itu diakui orang diseluruh negara.
Keenam, yang lebih utama dapat menguasai berbagai bahasa.
Memahami semua bahasa. Mampu mengatasi perhubungan serta mampu
mengakrabi siapa saja. Segala polah tingkah masyarakat semuanya dipahami.
Memanfaatkan kemampuannya untuk mendapatkan simpati rakyat senegara, selalu
memikirkan keselamatan dunia.
Hubungan baik sebagai dasar cinta kasih sesama. Hendaklah mampu
menguasai kepandaian. Jangan lekas menjadi heran. Pandai-pandailah menjaga
perasaan. Bila terlalu mudah heran, ilmunya akan mudah berkurang. Kehilangan
kemampuannya, karena bagi bersikap seperti itu, semua ilmu akan muncul dari
kemauan dan merasuk ke dalam jiwa.
Jika heran terhadap sesuatu, jagalah janan sampai tampak. Ungkapkan
hanya dengan sunggingan senyum. Pandangan mata tampak tenang sesuai dengan rasa
hati yang telah melihatnya.
Bila ada orang pandai yang berpura-pura bodoh. Perehatikan dengan
waspada jangan sampai terbuka rahasia sehingga
tidak mendapat cela.
Hidup menjadi mantap, bila membicarakan ilmu. Pandai-pandailah
menyampaikannya agar jadi lebih baik dengan pertimbangan dalam perbuatan segala
yang dilakukan hendaklah berdasar kira-kira.
Dalam berkata-kata, umpama nyala lampu, kesana kemari tetap berguna
dalam hati tetap akan menarik. Sebab orang pandai yang unggul telah memiliki
kemampuan melihat kemahiran orang. Tak terlihat pada raut mukanya tampak sepi
tapi menghimpun, menguasai segala kepandaian.
Maka dari itu jangan ketahuan dalam penglihatan orang lain. Ditututpi
dengan perpaduan rahasia keselarasan tindakan baik. Dilakukan dengan tenang,
bila sampai diketahui orang lain.
Pejuang sejati dan tekadnya orang
yang berani mati. Itulah yang menjadi dasar keberanian. Sakit dan malu tak
dihiraukan.
Ketika diucapkan dengan kesombongan. Itu akan dikira orang yang kurang
berani. Batallah keberaniannya. Hindari hal ini, karena menunjukkan seorang
yang tanpa pertimbangan.
Tutur katanya tidak dibatasi, terburu-buru menurut gejolak hati. Agar
terlihat keberaniaannya, tak kuasa mengekang keinginan. Memuaskan hawa nafsu
yang diluar kesadaran.
Tindakannya tanpa perhitungan hanya terdorong mempertunjukkan
keberanian.
Seyogyanya tenanglah dan berbicara manis. Pandangan mata tenang, tapi
jangan lengah. Keluarkan tutur kata dengan tenang jika engkau sungguh bersedia.
Jangan tergesa hendak kelihatan berani dalam tingkah dan jangan sombong. Jangan
seperti banteng mencium mesiu, menggeramkan menakutkan, menerjang dengan penuh
kesombongan.
Mengaku sebagai yang terhebat di dunia. Bersumbar dengan kesombongan,
congkak dan selalu takabur penuh kejumawaan. Mengaku sangat pemberani melebihi
orang senegara.
Itu tidak tepat. Biasanya orang seperti ini, yang dimiliki hanyalah
sebatas berani tanpa pertimbangan. Bahkan bukan tak mungkin, tujuannya berubah
menjadi ketakutan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar